Monday 13 August 2012

Untuk apa kita sekolah dan kuliah kalau Ujung-ujungnya jadi pengangguran?

Buat apa kita sekolah  dan kuliah kalau ujung-ujungnya jadi pengangguran? itulah pendapat orang saat ini. bayangkan saja, untuk mendaftar masuk sekolah dan kuliah harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal. coba bayangkan, kita di sekolahin selama 12 tahun untuk apa? kuliah 4 tahun untuk apa? apakah untuk mencari ilmu?, apakah mencari pacar?, apakah untuk mencari nilai ?, apakah hanya sekedar mejeng dikantin?, apakah untuk sekedar hura-hura?tetapi orang berpendapat sekolah dan kuliah  memang untuk mencari ilmu tetapi jawabannya instan sekali . yang paling kreatif adalah sekolah dan kuliah tujuannya untuk menjadi orang yang terdidik dan menjadi manusia yang berakhlak  agar setelah keluar dari bangku pendidikan kita sudah siap bersaing dengan Lulusan Luar Negeri dan apara ekspatriat untuk memasuki dunia pekerjaan dan menjadi generasi muda yang berkualitas.
fakta menunjukan di Indonesia, 8% dari 62 juta anak muda Indonesia menjadi pengangguran. mereka tidak mempunyai skill yang baik, tidak bisa berkomunikasi yang baik, dan tidak mempunyai ketrampilan untuk memasuki dunia pekerjaan. sayang sekali, di Indonesia Lapangan Pekerjaan sangat sedikit, mereka bingung mau bekerja sebagai apa dan hanya beberapa pekerjaan yang tersedia.

Kebanyakan dari mereka, Jurusan Favorit Seperti Ekonomi, Kedokteran, Hukum , Manajemen, Akuntansi yang terlihat gampang  untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus tapi apa daya untuk apa kuliah jurusan favorit kalau lulusannya luntang-lantung? mereka berpendapat beberapa jurusan favorit  yang saya sebutkan gampang untuk mendapatkan pekerjaan tetapi semua itu salah besar. prospek cerah memang ok untuk memasuki  jurusan favorit tapi kalau kita tidak mempunyai skill di dunia pekerjaan bagaimana? percuma sekolah sampai S1 kalau kita tidak menjadi apa-apa. skill memang penting, tetapi bagaimana kita bisa bersaing agar kita tidak menjadi pengangguran setelah lulus?
caranya adalah seharusnya dari awal kita sekolah sampai masuk ke bangku perkuliahan kita harus mencari link agar setelah lulus sekolah dan  kuliah kita tidak pusing lagi untuk mencari pekerjaan kalau bisa kita membuka lapangan pekerjaan sendiri. karena di zaman sekarang, krisis moneter sudah semakin parah akbiatnya banyak anak muda kita tidak mendapatkan pekerjaan. berbeda dengan tahu 1998 di era Zaman soeharto krisis moneter tidak separah tahun 2007 awal.
Jadi kita jangan sampai salah pengertian bahwa kita di sini sekolah dan kuliah untuk menjadi orang-orang yang terdidik di masa yang akan datang dan  dituntut menciptakan kreativitas. di Zaman Sekarang, Kreatif itu penting tetapi kalau tidak kreatif kita sendiri yang rugi akibatnya tertinggal oleh banyak orang.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment